Kenapa BLACKPINK kurang dihargai di Korea Selatan?


Sebelum membahas tentang kenapa kurangnya penghargaan kepada Blackpink di Korea, disini aku mau bilang ini cuman pendapat pribadi belum ada konfirmasi dar pihak yang terkait. Disini aku cuman menyampaikan perspektifku dari segi banyak berita yang muncul dan pendapat netizen korea/ fans ayang ku tangkap.




Pertama-tama aku mau bahas tentang background BLACKPINK dulu. BLACKPINK adalah salah satu group popular banget di dunia, salah satu group yang mampu mengumpulkan jumlah viewers sampai ratusan juta di setiap videonya. Menurutku salah satu group korea paling berkelas dan mampu di sejajarkan dengan group internasional lainnya seperti fifth harmony dan artis dunia lainya. Group Ini besutan YG Entertainment. Udah pada tahu yaa….  mereka itu se-agensi sama BIGBANG dll. Udah ada tahu yaa membernya siapa aja.. yaitu Jisoo, Jennie, Rose dan Lisa. Setiap member punya keunikan dan karisma masing-masing yang berbeda namun saling melengkapi dalam satu group.  
Untuk lebih dalam lagi ke topik pembicaraan, disini aku bahas masalah-masalah apa saja yang sudah timbul sebelum BLACKPINK debut.

*         Tahun 2015 Kalo tidak adalah ada sebuah drama antara MNET dan YG, telatnya undangan penghargaan MAMA 2015 kalo tidak salah yaa.. Mungkin di kasus ini YG E agak kesal dan kecewa kalo artis mereka satu bulan sebelum hari H belum mendapatkan udangan MAMA. Disamping itu Ikon juga baru debut. Dimana kurangnya Mcountdown mempromosikan lagu debut iKON. Contohnya lagu “my type” dimana lagi tersebut agak lumayan popular di tangga lagu online, namun bahkan diluar tangga lagu Mcountdown.

*         Tahun 2016 BLACKPINK dan MOBB tidak promosi di Mcoundown. Tidak djelaskan alasanya kenapa, yang jelas drama mereka sudah mulai memanas. Dan mulai dari sini setiap artis YG tidak promosi lagi di stasiun MNET.

*         Ditahun yang masih sama, katanya YG E katanya rebut MNET producers (producer show me the money dan producer101). Kalian tahu ya kalo produser ini handal banget, acaranya bagus bagus-banget. Acaranya rating bagus semua. Dan bayangkan sekarang producernya pindah ke YG E. Mnet kesel kali sama YG maim ambil-ambil aja. Tapi sebetulnya tergantung si produsernya sih, kalo dia yang mau pindah ya sudah, MNET gak pake cemburu kalii.

Dari kasus diatas bias dimengerti kalo media kurang banyak mendukung BLACKPINK. Salah satunya channel kpop paling terkenal di dunia yaitu MNET. Salah satu penyebang Korean wave music namun tidak secara adil mempromosikan BLACKPINK. Untung ya BLACKPINK bagus, keren, bekerja keras jadi bias menyeimbangkan kepopuleran mereka dengan yang lainnya, bahkan melebihi yang lain.



Selain kurang nya dukungan media korea, ada juga beberpa kasus YG E yang menghebohkan dunia Per-kpop an yang sedikit meungkin mempengaruhi imej BLACKPINK di Korea.

*         Tahun 2018, YG E buat acara program survival kayak produce 101. 48 dll yaitu MIXNINE. Ini acaranya cukup menarik karena trainee cewe cowo digabung tapi masih tetap harus bersaing  menuju top 9. Pada akhirnya trainne top9 cowo lah menang setelah sekian episode. Yang YG Stan pasti hapal perjalan program ini. Udah pada tahu juga ya kalo propemenang program ini gagal debut. Karena gagalnya mencapai kesepakatan anatara agensi trainee dan YG E. Terlalu lama masa kontrak mengakibatkan ruginya agensi trainee. Dari pihak YG E menjelaskan panjangnya masa kontrak tersebut karena rendahnya rating dan popular nya acara tersebut. Akan sulit mencapai kepopuleran kalo rating ya segitu kali yaaa… bias kali ya dibayangkan beraoa agensi yang merasa rugi atas kasus ini. Ada Sembilan trainee pemenang yang seharusnya debut tapi gagal.

*         Tahun 2019 ini, sudah berapa kasus yaa artis YG E kena skandal, mulai dari burning sun, kasus narkoba B.I, kasus prostitusi, kasus pajak, kasus judi Yang Hyun Suk. Kebayang gak sih siapa saja orang dibalakang mempersiapkan momen tepat buat jatuhin YG E. Pertanyaanya kenapa bisa di waktu bersamaan semua seolah-olah di serang bertubi-tubi? Trus kenapa gak kasus yang bertahun-tahun baru kenongkar sekarang. Disisi lain memang YG E banyak melakukan kesalahan pada pada masa lalu.
Dari pandanganku yaa, aku belum interview pernah interview warga disana, tapi asumsiku kalo mereka/ orang korea menganggap imej BLACKPINK itu buruk karena agensi mereka YG E. Apalagi setelah beberapa kasus ini.

Disamping kurang pendukung media, imej agwnsi buruk, banyak juga haters yang gak suka BLACKPINK. Dulu awal debut ada yang bilang kalo BLACKPINK jiplakan 2NE1. Trus Jennie dibilang sombong, di anak emaskan, paling egois masalah kostum, terlalu menikmati julukannya sebagai “the female version of GD”. Ada yang bilang muka Lisa terlalu wajah perempuan Asia Tenggara, deba sama Asia timur (negative komen). Lisa dan Rose dibilang terlalu kurus. Kasus bulli member ke LISA. Jisoo dibilang terlalu mendominasi group, dll.

Mungkin ini kali ya yang bikin BLACKPINK itu kurang dihargai di Korea Selatan. Tapi jangan remeh. Mereka cuman gak dihargai di Korea Sealatan. DI luar mereka itu popular banget apalagi di Asia tenggara, mungkin karena salah satu membernya Lisa dari luar Korea jadi daya tarik fans International kuat banget. Bisa dibayangkan kan siapa member paling popular di dunia? Disamping itu jumlah viewers Youtube mereka fantastis banget kalo di total kayaknya sampe 2 trilliunan. Belum lagi album Square one dapat sertifikat gold di USA kalo gak salah ya..

Sekian ya dari aku setelah sekian lama vakum dari dunia blog. Ingat ini semua cuman pendapat pribadi belum kalrifikasi dari pidak terkait. Kalo ada salah kata dan salah pendapat boleh di komen. Thank You…

Posting Komentar

0 Komentar