Kelebihan dan kekurangan Agensy YG Entertainment


YG STAN sudah tahu ya kalo YG Entertainment itu di labeli dengan sebutan BIG 3 agensi bersamaan dengan SM dan JYP. Hal ini dikarenakan setiap artis dari agensi popular dan mendapatkan penghasilan tertinggi di korea selatan sebagai perusahaan entertainment. Biacara masalah sejarah agensi ini dibangun oleh Yang Hyunsuk selalu producer utama agensi yang sudah banyak mendebutkan artis papan atas. Misalnya saja seperti BIGBANG, 2NE1, 1TYM, WINNER, IKON, BLACKPINK, TREASURE13. Dia sudah beberapa kali memenangkan penghargaan sebagai produser of the year pada saat penghargaan tahunan di akhir tahun. Sebagai mantan artis/ penyanyi dia tahu bagaimana berbisnis dalam bidang entertainment. Dan sekarang YG E membangun gedung baru disamping gedung lama yang besarnya hampir 2 kali lipat dari gedung lama. Bisa dibilang kesuksesan YG E lumayan besar.


Disini saya mau bahas kelebihan agensi ini terlebih dahulu.
*         YG E ini punya konsep cukup lumayan baru pada zamanya dahulu. Pada awalnya dahulu group kpop lainnya hanya monoton banget, nanyi dan nari yang cantik banget. Tetapi agensi ini cukup lumayan unik mendidik trainee atau artis mereka terlihat lebih natural diatas panggung. Makanya jangan aneh liat 2ne1 energiknya luar biasa di panggung sampe mau makan mikrofon karna energik banget. Agensi ini tidak terlalu mementingkan nari yang cantik dan singkron dari awal sampe akhir lagu. Mereka lebih banyak berinteraksi dengan fans, sahut menyahut dengan fans. Intinya mereka lebih ke arah free style di atas panggung.

*         Agensi cukup lumayan bagus dalam mengembangkan bakat terpendam dalam masing-masing artis mereka dengan baik. Mulai dari kemampuan produsing lagu, bikin koreograpi, produsing variety show sampai membuat konsep style baju di setiap comeback mereka. Intinya agensi ini memperkerjakan artis mereka semaksimal mungkin untuk bekerja sesuai dengan kemampuan mereka untuk mengasah lebih lagi kemampuan terpendam mereka.

*         Agensi ini tidak teralu mementingkan visual pada awalnya dahulu ya.. Dengar-dengar dari rumor, agensi ini hanya butu kemampuan skill yang unik dan berbeda. Makanya jangan aneh setiap penilaian evaluasi bulanan, papa YG selalu aja memaksa trainee bisa kasih yang terbaik dan terbaru sesuai kemampuan mereka. Mereka juga cukup agak di paksa mengikuti trend yang ada tanpa harus meninggalkan karisma dan keunikan masing-masing.

*         Agensi ini sangat menekankan bagian rap. Pemanis lagu mereka adalah bagian rap. Jika dilagu kpop lain bagian rap hanyalah sebagai pelengkap saja. Disini YG E mampu membuat lagu bahwa rap bagian paling penting dan paling nikmat.

*         Agensi ini juga di sebut-sebut paling tidak serakah dengan artisnya. Pembagian penghasilan katanya 50:50 (agensi:artis), mulai dari penghasilan konser, penjualan album, penjualan merchandise. Istilahnya sebandinglah dengan kedua pihak. Jika dibandingkan dengan TS E dimana pembagiannya 30:70 ; SM E dimana pembagiannya cukup sadis 97:3 (album), 30:70 (konser) variety show (60:40): CUBE E dengan pembagian 60:40 dan STARSHIP pembagiannya 60:40. Agensi ini lumayan adil dalam pembagian jatah.

*         Agensi ini menguatamkan kualitas lagu dan penampilan, makanya jangan heran kalo artis mereka jarang banget tampil dan comeback, ini karena banyaknya kegiatan produksing masing-masing artis untuk medapatkan kualitas bagus.

*         Agensi ini punya style pakaian selalu trendy dan high class banget guys, coba aja lihat berapa harga baju yang pernah dipake artis YG E. Mau itu outfit panggung, fashion airport dan acara biasa mereka selau aja pake baju bagus plus mahal banget. Entah itu baju sponsor atau beli sendiri. Intinya kelas mereka nggak main-main banget.


Ini aja nih kayaknya kelebihan agensi YG Entertainment, Secara keseluruhan suka sih system sama cara mereka. Namun di satu sisi agensi ini juga ada kelemahan juga. Mereka juga punya sisi negative yang gila banget menurutku.


*         Pertama agensi ini terkenal agensi yang punya hiphop kental. Banyak orang-orang bilang kalo agensi ini sedikit sombong karena mungkin imej hiphop kan emang harus songong bentuknya tapi sebetulnya bukan. Selain itu karena hiphop kental banget agensi sepertinya hanya menekankan poin par nya saja. Istilahnya agensi ini hanya ini memspesialkan rapper.

*         Agensi ini dulunya punya system yang bebas artian tidak punya banyak aturan yang memaksa mereka dalam kontrak. Kalo agensi lain ada banyak isi kontrak harus dipatuhi sebelum memutuskan untuk menandatangani kontrak. Sehingga pada saat itu banyak artis yang suka-suka pake narkoba, mabuk kecelakaan, sampe kena skandal prostitusi. (udah tahu ya kasusnya apa aja). Setelah beberapa tahun terakhir ini peraturan baru saja diubah dan mulai sedikit ada larangan ketat tidak boleh begini dan begitu.

*         Seperti yang tadi aku bilang diatas juga, kalo artis ini mementingkan kualitas dan ini sangat bagus banget, karena setiap comeback konsepnya bagus dan unik banget. Permasalahanya, fans bisa gila nunggu comeback sampe bosan dan lupa kalo mereka pernah artis. Dari zaman dulu sampe sekarang YG E punya strategi menahan comeback lama banget sampe benar-benar bagus banget baru keluar dan akhirnya ngehits. Iya memang lagunya enak, famous dan sukses, masalahnya strategi menahan lama dengan sengaja biar fans penasaran comebacknya, biar nanti membludak sukses hasilnya bikin fans gila mampus. Coba bayangkan artis lain 4 bulan bisa comeback, sedangkan BLACKPINK, IKON, LEEHI bisa sampe fans gila mereka gak comeback.


*         Agensi ini pilih kasih dan suka menganak emaskan salah satu member. Sebut saja GD, Jennie, Mino, Bobby, Yedam, Haruto. Kalo dilihat dari perlakuan agensi, mereka ini bisa dibilang anak emas banget, baju paling bagus, part lagu paling banyak, solo project, selalu diutamakan. Saya mengerti mereka adalah ikon Group dalam artian sumber daya tarik group biar nggak mati. Tapi jangan mengabaikan member lain. Coba lihat Jisoo balckpink, dia visual bagus no.1 bahkan kegiatan pribadi nya sangat sedikit jika dibandingkan Yoona dan suzi pada zamannya, yang terkenal top visual generasi kedua bahkan mereka punya banyak drama, variety show, MC dimana mana pada saat itu. Kenapa Jisoo yang terkenal salah satu top visual kpop generasi ke 3 bisa hanya menjadi comeo drama dan beberapa photoshoot, iklan saja? Jujur saja agensi tidak tahu mempromosikan member dengan baik secara pribadi.


Sekian ya dari penjelasan aku tentang YG Entertainment tentang kelebihan dan kekurangannya. Ini sepenuhnya pendapat pribadi ya,, hanya asumsi saja, bisa jadi betul dan tidak betul. Tergantung dari segi mana kalo melihatnya. Namun secara keseluruhan agensi ini sangat bagus kok. Lumayan bagus kalo tidak mana mungkin agnesi ini bisa bertahan sampai sekarang.

Posting Komentar

2 Komentar