Kenapa NCT, WINNER, iKON, STRAYKIDS tak sepopular senior mereka padahal berasal dari agensi BIG 3?


Pembahasan ini mungkin agak sudah biasa ya di kalangan netizen korea disana. Mereka punya berbagai macam pendapat masing-masing. Tentunya di sini saya juga mau kasi tahu kalo ini hanyalah sebuah pendapat pribadi berdasarkan beberapa artikel yang kubaca.



Jika membahasa popularitas atau tidak, seorang artis KPOP, tentu tidak lepas dari adanya bantuan agensi. Bisa dikatakan bahwa 65% adalah bantuan agensi dan sisanya adalah hasil kerja keras artis mereka. Kenapa saya bilang seperti ini, contohnya kita buat Beast, 4MINUTE, SISTAR,  mereka artis terkenal di Korea pada zamannya dan mereka adalh masing-masing artis pertama di setaip agensi pada waktu itu. Mereka cukup lumayan sukses dan mendapatkan pengakuan dari masyarakat, Tetapi ketenaran itu hanya di Korea atau bahkan Cuma di Asia saja, Karena agensi mereka agensi kecil. Group yang seangkatan dengan mereka yaitu SNSD, WONDERGIRLS, 2NE1, adalah group yang berasal dari agensi besar yaitu BIG3. Sebagian ada yang artis pertama dan ada yang artis keberapa di agensi namun ketenaran mereka hampir mendunia bahkan pernah masuk pasar Amerika pada waktu itu karena mereka berasal dari BIG3 agensi. Agensi besar mampu meempromosikan besar dan menghasilkan sesuatu yang besar.


Pertanyaannya adalah kenapa NCT, WINNER, IKON, STRAYKIDS tak sepopular senior mereka padahal mereka berasal dari BIG 3?
Okey to the point, alasanya adalah karena pengarus popularitas BTS. Percaya nggak sih? Bahkan popularitas mereka (BTS) hampir mengalahkan EXO dan BIGBANG (mungkin karena lama vacuum kali ya) Namun secara garis besar perbedaan ini tampak terlihat dari viewers youtube mereka selisihnya jauh banget.
Pertanyaan berikutnya kenapa BTS bisa debut padahal pada awalnya dulu mereka bukan agensi besar?
Jawabannya simple, karena agensi kecil ini dahulu menggunakan system dan strategi pemasaran yang beda dengan agensi lain atau mungkin setara dengan agensi besar. Agensi ini bahkan mencari investasi untuk mendebutkan biaya produksi mereka meskipun memang bukan hal yang bagus pada awalnya, namun secara perlahan kekuatan mereka terpancar sedikit demi sedikit. Selain bantuan agensi anggota BTS memanglah tipikal yang pekerja keras banget kenapa mereka sukses. Ketenaran mereka bukanlah instan begitu saja dan redup begitu saja. Mereka berawal dari bawah dan pasti akan bertahan lama diatas puncak.
Pertanyaan selanjutnya, strategi apa yang beda dari group ini kenapa bisa melejit banget kepopuleranya?
Pertama karena lagunya enak.
Kedua karena Tarian dance nya sinkron banget satu sama lain, gerakannya menyatu dan enak banget dilihat. Dan ini bukanlah hal yang gampang karena tidak semua group mampu dance bagus banget dari awal sampe akhir tanpa kerja keras.
Ketiga karena mereka punya system variety show marketing, istilahnya mereka punya banyak variety show untuk menarik perhatian fans/ permirsa untuk lebih jatuh hati kepada mereka. Intinya kayak show penghiburan ketika fans rindu akan labum mereka, mereka dating dengan konsep variety shownya.
Keempat karena setiap punya kemampuan dan keahlian yang berbeda-beda namun saling melengkapi satu sama lain. Dan ini sangat bagus sekali. Disamping itu kekuatan kepemimpinan Rap Monster sangatlah bagus disini. Jiwa kepemimpinannya sangat bagus, bagaimana dia menghandle masalah, menginspirasi member, mengevaluasi group, dan memberikan sebuah masukan ke group.

Seperti yang saya jelaskan diatas kepopuleran BTS berdampak pada artis baru BIG 3 yang istilahnya tidak terlalu mampu menyaingi BTS. Dibilang gagal tidak juga, tetapi tidak setenar senior mereka. Jika saja NCT mampu setenar EXO dulu; Winner/ Ikon mampu setenar BIGBANG; STRAYKIDS mampu setenar 2PM pastinya mereka tak seburuk sekarang. Saya katakana buruk karena tidak berprestasi, mereka bagus tetapi kurang popular dapa zaman saat ini. Istilahnya kalak sainglah sama member yang lain.

Posting Komentar

0 Komentar