Kekurangan Dan Kelebihan SM Entertainment



Anyoenghaseyo... J J,, Anyeonghaseyo J

Kali ini saya akan bahas mengenai label management kpop terbesar dan raksasa yaitu SM entertainment. Dan ini hanya adalah pendapat saya yang selama ini belum terungkap . SME bisa dikatakan label terkaya di korea selatan, karena karyanya begitu legendaris dan good. Sebetulnya saya awalnya benci  banget sma SME ini, karena awalnya saya dengar dari orang lain yang pecinta kpop juga mengatakan bahwa SME ini punya artis2 yang nggak berbakat dan hanya mementingkan penampilan, mis—tinggi, badan dan wajah.

Memang sih betul. tapi setelah saya perhatikan selama 3 tahun terakhir, pernyataan tersebut menurut saya tidak betul. Dan akhirnya saya mulai suka sma artis SME, karen konsepnya bagus walaupun memang punya kekurangan. Namun jika diperhatikan secara jeli, artis SME bisa dikatakan setara artis internasional lainnya seperti justin, selena, katy dll. Karena tidak hanya memiliki paras wajah yang cantik, namun juga berbakat.
SME ini awalnya dibentuk Oleh pak Lee Soo Man pada tahun 1995, Dengan bermodalkan kurang lebih 500 Juta pada saat itu, mampu menciptakan artis2 terkenal di korea maupun jepang, Sebut saja misalnya Boa,tvxq, suju, snsd , dll. Dan group legendaris seperti H.O.T, Shinwa, Fly To Sky dan masih banyak lagi, namun group ini harus bubar karena berbagai alasan. Namun yang jelas  group tersebut pernah merajai Musik Korea hingga beberapa tahun.

Nama dari SM Entertainment ini adalah Star Meseum, karena banyaknya artis2 legendaris yang terlahir dari laber ini. Namun dulu nama SME ini diambil dari singkatan namanya sendiri yaitu Soo Man.



Kelebihan
Kelebihan SME ini adalah suka membentuk group yang rame2 seperti SUJU, SNSD, EXO. Menurut aku tujuan pembentukan member yang rame-rame untuk memenuhi semua ketentuan syarat terbentuknya boyband/girlband. Karena menurut aku terbentuknya boy band atau girlband harus ada Lead vocal, Lead dancer, Lead rapper dan yang paling penting face of group. Karena percuma suatu group yang bagus punya member yang suaranya bagus dan energi atw  apalah sebutan untuk suara bagus klo nggak punya member tampan/ cantik. Karena pada umumnya penggemar lebih suka cewek/cowok yang bermuka cantik/tampan dari pada dibandingkan dengan  cewek/cowok yang punya suara emas. Member dengan good face ini lah yang menjadi daya tarik suatu group,klo misalnya penggemar nggak suka lagu atw koreografinya paling tdk, ada member cantik/tampan dijadikan  jadi daya tariknya sehingga setiap comeback mereka selalu dinanti-nanti.  Dan pada umunya mereka2 yang punya wajah cantik/tampan ini  biasanya posisi mereka di group sebagai sub-vocal  dan kadang2 dilatih bertahun-tahun untuk dance supaya bisa jadi lead dancer, paling tidak  dancer ke-2 atau yang ke 3, atau mungkin dilatih menjadi rapper, karena jika dilatih supaya punya suara bagus itu nggak bisa, karena punya suara bagus itu bawaan dari lahir dan supaya nggak katahuan kali kalo mereka diterima melalui wajah cantik/tampan. Tapi bukan berarti group SME tidak memiliki member yang berbakat, malahan banyak kok yang berbakat dibandingkan yang hanya mengandalkan wajah. Jika dibandingkan  setiap group hanya memiliki face of group sekitar 1 atau 2, tapi biasanya tidak lebih dari 4. Dan bukan berarti juga kalo semua face of group hanya mengandalkan wajah mereja juga, ada juga yang memang punya skill yang handal, seperti kai dan luhan exo. Oleh karena itu mungkin pak sooman menerapkan sistem ini. Menggunakan member banyak supaya terisi semua kendala. Misalnya sebagai contoh member Suju, yang mengisi Lead vocal adalah Yesung, Kyuhyun, Reawook, sungmin, donghae dan Lead dancer  Eunhyuk, Shindong,donghae  dan lead rapper  eunhyuk, heechul,shindong,kangin dan sub-vocal adalah siwon, heechul, leeteuk dan yang menjadi face of group adalah siwon. Dari sini bisa dikatakan hanya satu member yang diterima bukan karena bakatnya namun karena wajah yang tampan. Dan yang contoh yang kedua adalah Exo. Misalnya Lead vocal D.O, Baekhyun, Chen, Luhan, Suho dan lead Dancer Kai, Lay, Sehun, Luhan, Xiumin dan Lead Rapper Kris, Chanyeol, Sehun, Tao, Kai dan Sub-vokal Xiumin, Lay,Tao dan yang menjadi Face of Group Kai, luhan, Sehun dan Kris. Dari sini bisa kita ketahui bahwa ada 4 face of group namun yang menjadi pertanyaan disini hanya krislah yang punya posisi tunggal sebagai Rapper. Selain akting, dia hanya jago rapper, itu pun gaya rappernya sangat berbeda dengan chanyeol yang agak lebih cepat. Dan menurut fakta disalah satu jejaring sosial, dulunya kris ini nggak suka yang namanya musik, namun pada saat itu ada audisi dikanada jadi dia disuruh temannya untuk daftar, setelah itu dia diterima masuk dan akhirnya dia dilatih bertahun-tahun dan akhirnya suka sama musik, padahal dulu dia ingin jadi pemain basket. Sama halnya dengan sehun Dia dulu ditemukan oleh staf sm pas lagi makan sma temannya, dan akhirnya dia ikut dan diterima dengan bermodalkan wajah tampan, dan mantan ulazzang menjadi member exo, setelah dilatih bertahun-tahun akhirnya dia bisa jadi lead dancer ke-3 di exo. Cukup bagus ada peningkatan di salah satu bidang. Berbeda dengan Luahn dan kai, mereka memang memiliki skill sejak awal dan hingga akhir ini juga dan sekaligus memiliki wajah tampan. jadi kesimpulannya Sooman punya ide yang cemerlang yang membuat daya tarik tersendiri di artis2nya.

Kelebihan lainnya adalah SME memiliki artis yang berbakat tidak hanya bernyanyi, rap, dancer  namun ada juga beberapa aktor, aktris, komposer dan komedian.sebagai contoh artis sm yang pandai dance adalah hyoyeon, Eunhyuk, Yunho, Boa, Kai, teamin, Luna, Yuri, Lay. Dan yang pandai bernyanyi adalah Taeyeon, Yesung, Kyuhyun, D.O, Chen, Baekhyun, Luna, Junghyun,Changmin, Jessica, Tiffany, Seohyun, Krystal. Dan  seriuos, saya sudah penggemar K-pop dari tahun 2009 dan yang baru saya akui artis2  kpop yang memiliki kemampuan dance dan kualitas Dancenya bagus yaitu Hyoyeon, Hyuna, Kahi, stefani, kai, teamin, hyunseong . Salah satunya artis SME yaitu Hyoyeon. Kemampuan dancenya ini sangat luar biasa dan menurutku dia adalah dance terbaik dari SME atau bahkan Korea melebihi Eunhyuk dan Kai. Dan Kualitas Vokal yang saya akui bagus di Kpop adalah Taeyeon, Chen, Baekhyun, Gayoon, Yesung, minah, hyorin, ailee,Lyn. Dan salah satunya adalah artis SME yaitu Tayeon. Hal tersebut tdk bisa saya bohongi diri saya.

Dan lainnya adalah setiap setiap ada artis SME comeback pasti  bos SME pasti menyiapkannya secara matang dan penuh persiapan, mulai dari pakaian, sepatu, koreografi , lagu dan yang nentuin ini semua adalah perusahaan. Makanya tak jarang lagu dan koreografi mereka bagus dan disukai banyak orang di korea maupun di negara lainnya.
Memiki daya tarik yang sudah tadi saya jelaskan dari awal, sehingga fans SMTOWN banyak dari Luar Korea sebut saja dari negara Indonesia, Malaysia, Singapore pokoknya bagian dari Asia tenggara, China, taiwan , Benua Amerika, Benua Australia, Benua Eropa dan pokoknya lagi hampir seluruh dunia merekap punya fans. Hal ini yang membuat pemasukan SME sangat banyak, sehingga mampu membangun Museun di Korea dan Amerika.

Aliran musik yang selalu berbeda dengan lainnya, membuat artis SME juga disukai dari negara lainnya.


Kekurangan
Namun yang menjadi Kekurangan SME adalah mereka selalu mempersiapkan comeback artis2nya dengan sendiri tanpa mendiskusikan dengan artis2 mereka, bisa dikatakan tidak ada kreatifitas masing2 member, walaupun sebenarnya ada, namun SME tdak mau mempromosikannya.

Dan dari berbagai kasus yang muncul dari dulu sampai sekarang, artis SME banyak yang mengeluh karena honor mereka yang tidak sesuai dengan apa yang mereka kerjakan seperti iklan, promosi lagu, vareitshow, realityshow dan MC. Dan  menurut keterangan dari mantan2 artis SME, Staf SME tdk pernah terbuka mengenai pemasaran penjualan lagu mereka, berapa terjual ?, untung berapa?, sehingga artis2 SME ini seluar dari SME , sebut saja Hangkeng Suju, Junsu,Jaejong,Yoochun (JYJ),  Dan akhir2 ini Kris EXO juga mengugat SME karena merasa dia dianggap seperti benda oleh SME,Karena label tdk peduli penyakit apa yang diderita artisnya, dan merasa dirugikan oleh SME, karena pasalnya sebelum menggugat SME, kris mendapat tawaran untuk main di Dram dan film, namun SME menolakknya, Sehingga Kris murka.dan mengugatnya pada tanggal 15 mei 2014.

Kekurangan lainnya adalah kurang modal dan meraup banyak keuntungan, bukan berarti nggak punya modal, tapi hanya berani mengeluarkan sedikit supaya untungnnya gede. Tapi biasanya mengeluarkan modal besar dalam menyewa koreografi dan pencipta lagunya sendiri. Dan coba liat MV artis2 SME biasanya sangat irit, Jika dibandingakan Group lainnya di korea, Mv mereka sangat simple dan sederhana. Namun labih beralih ke Dance dan vocal. Hal ini yang membuat perbedaan yang sangat keras antara SME dan YGE, Klo YGE lebih mementingkan Fasion dan MV mewah2 banget, Liat aja di MV 2NE1 comeback home dan SNSD MR. MR.,.  Namun YGE tdk mementingkan dance dan vocal, dan biasanya artis mereka nggak ada yang bisa dance dan wajahnya juga nggak menarik, tapi rata2 pandai rap seperti GD, TOP.
Dan biasanya artis SME ini memiliki banyak artis2 yang cantik, cute atau tampan, ini disebabkan karena adanya operasi plastik, dan hal ini yang paling diakui oleh Leeteok suju. Dan yang paling terkenal dgn operasi plastiknya adalah member snsd. Namun jgn mudah percaya dengn ini, karena hal ini belum dikatakan oleh SME secara resmi...

Sekian dulu yang chinggu.. J  mengenai label raksasa dan gagah Korea yaitu SM Entertainment, lain waktu klo aku udah temukan berita terbaru  Sm entertainment aku akan share lagi,,
Tapi ini semua hanya Opinion dan daya pikirku sendiri, dan staf  sm juga belum pernah ngasi tau klo sistem seperti itu. Tapi itu bisa juga ada benarnya. Jika punya pendapat lain tau kritik silahkan komentar saja dibawah ini.
Anyoeng..... J

Lirik Lagu 4MINUTE Let You Know





[Sohyun] oppadeuri jal mollaseo geureoneun geo gateunde
naega jom allyeo julge deureo bwa

[Sohyun] I’ll give it to ya, Give it to ya, Give it to ya
wonhaneun geo da malhae bwa I don’t care
mideo bollae ppajyeo bollae an geuraedo
michyeobeoryeo maeil maeil neo ttaemune
[Jihyun] gyeoljeongjeogin maeryeogeul naege boyeojwo bwa Honey
haebolkka kkabulkka nora bolkka
(I’m so confused)

[Jiyoon] ne momeul bol ttaemada nunbusyeo
orakgarakhane nae meorissok
iraetda jeoraetda mianhae
([Jiyoon] I’m sorry so sorry)
[Sohyun] jakku danggidaga jillidaga
molla molla nado neomu hetgallindan mariya

One [Jiyoon] naman baraboraneun malhal geomyeon
nae apeseo hannun palji ma (No no no no)
Two [Jiyoon] ne meotdaero kiseuneun hae jwodo dwae
Three [Jiyoon] beolsseo mame deureo beoryeosseo
ssok deureo beoryeosseo

It’s simple so simple naega allyeo julge
I’ll teach you I’ll teach you nan Princess everyday
It’s simple so simple jangnanchimyeon andwae
I’ll teach you I’ll teach you naega allyeo julge

[Jihyun] hanabuteo yeolkkaji da
(Hey boy, yeah)
mollado jeonbu da ihaehae
(Don’t listen to everything)
neon namjanikka nan yeojanikka
(Cause, cause I’m so)
eojjeol su eomna bwa
(I think I’m in love with you)

[Jiyoon] eojeneun (Yeah boy)
jalhadaga (What the?)
naeildo neol Like hal georan bosangeun
Nobody knows!
Girls like it this way
Boys like it that way
neomunado dareujiman sarangeuro habuihae

[Sohyun] nal hwak jaba jurago kkwak ana jurago
jjinhage Umm alji
igijeogirago haedo eojjeol su eobseo
I’m a girl geuraedo neol johahanikka allyeo julge

One [Sohyun] naman baraboraneun malhal geomyeon
nae apeseo hannun palji ma (No no no no)
Two [Jiyoon] ne meotdaero kiseuneun hae jwodo dwae
Three [Jiyoon] beolsseo mame deureo beoryeosseo
ssok deureo beoryeosseo

It’s simple so simple naega allyeo julge
I’ll teach you I’ll teach you nan Princess everyday
It’s simple so simple jangnanchimyeon andwae
I’ll teach you I’ll teach you naega allyeo julge

[Sohyun] Breakdown now

It’s simple so simple naega allyeo julge
I’ll teach you I’ll teach you nan Princess everyday
It’s simple so simple jangnanchimyeon andwae
I’ll teach you I’ll teach you naega allyeo julge

It’s simple so simple naega allyeo julge
I’ll teach you I’ll teach you nan Princess everyday
It’s simple so simple jangnanchimyeon andwae
I’ll teach you I’ll teach you naega allyeo julge

Lirik Lagu 4MINUTE Thank You




[Gayoon] neon alkka naui maeumeul
neol manna haengbokhadan geol
mollatgetji ssukseureowoseo pyohyeon motaneun geol

[Sohyun] yeppeun yeoja jinaganeundedo nahante siseongojeong
seukinswiphago sipeodo nae son kkok japgo suwijojeol
kongkkakji ssuieoseo neobakke anboyeo bomyeon koapi
ne ipsul dohwajie salmyeosi sijakhae misul

[Gayoon] gomawo hangsang nal mideo jwosseunikka
hangsang nal jikyeo jugo
nae yeopeseo akkyeo juneun geon neoppuniya

[Jiyoon] gomawo sujubeoseo jal motaetdeon mal
ijeneun akkiji anheulge
saranghae [Gayoon] maju jabeun son na nochiji anheulge

[Hyuna] Thank you mwol wonhaneunji ara
nega aetage wonhaetdeon geu mal
ije na junbidoen geot gata
Baby, I love you my boo neon nae jeonbu
maeil achim nuntteumyeon
gajang meonjeo neol saenggakhalge
nawa hamkke georeoga jugesseo
maju jabeun son na jeoldae nochiji anheulge

[Jihyun] achime nuneul tteosseul ttae
hanchameul bappeun jungedo
eonjena waenji neowa hamkke inneun geot gata

[Gayoon] gomawo hangsang nal mideo jwosseunikka
hangsang nal jikyeo jugo
nae yeopeseo akkyeo juneun geon neoppuniya

[Jiyoon] gomawo sujubeoseo jal motaetdeon mal
ijeneun akkiji anheulge
saranghae [Gayoon] maju jabeun son na nochiji anheulge

[Gayoon] sigani jina manheun geosi byeonhae ganda haedo
[Jiyoon] jigeum i sungan i maeummaneun kkok jikigo sipeo

[Gayoon] gomawo hangsang nal mideo jwosseunikka
hangsang nal jikyeo jugo
nae yeopeseo akkyeo juneun geon neoppuniya

[Jiyoon] gomawo sujubeoseo jal motaetdeon mal
([Gayoon] Ah~, motaetdeon mal~)
[Jiyoon] ijeneun akkiji anheulge ([Gayoon] Ah, ah~)
[Jiyoon] saranghae ([Gayoon] saranghae~)
[Gayoon] maju jabeun son na nochiji anheulge

lirik lagu 4Minute WAIT A MINUTE




[Sohyun] Hehe 4Minute, [Hyuna] yeah whoo

[Hyuna] Wait wait wait wait a minute
[Jiyoon] jjaritage Yummy yummy
Cook it down, Cook it down
[Hyuna] Wait wait wait wait a minute
[Jiyoon] dalkomhage Yummy yummy
Cook it down, Cook it down

[Hyuna] jalppajigo mikkeunhan yachaereul kkeonaenda
bogi joke meokgido joke sseoreo junda
maekomdalkom jjaritan yangnyeomdo handa
I’ll make your mouth water geu maseun sinsegye

[Jihyun] tteugeowojimyeon neujeo ppalli ppalli neoheo
[Hyuna] Pow pow pow pow (hat tteugeo tteugeo hat)
[Jihyun] tteugeopge dalgwojimyeon irijeori jeoeo
[Hyuna] hana dul set net
Wait a minute

[Gayoon] rara rallalla
paeneul dwijimneunda
paeneul dwijimneunda
yorijori (Wait a minute)
rara rallalla
dasi dwijimneunda
dasi dwijimneunda
irijeori

[Hyuna] Wait wait wait wait a minute
[Jiyoon] jjaritage Yummy yummy
Cook it down, Cook it down
[Hyuna] Wait wait wait wait a minute
[Jiyoon] dalkomhage Yummy yummy
Cook it down, Cook it down

[Sohyun] saekomdalkom matna geu maseul neon molla
ibani bulla bulla modudeul andalla
Like a kitty, baby
Don’t be like a kid, boy
bochaeji jom mayo gidaryeo sinsegye

[Jihyun] tteugeowojimyeon neujeo ppallippalli neoheo
[Hyuna] Pow pow pow pow (hat tteugeo tteugeo hat)
[Jihyun] tteugeopge dalgwojimyeon irijeori jeoeo
[Hyuna] hana dul set net
Wait a minute

[Gayoon] rara rallalla
paeneul dwijimneunda
paeneul dwijimneunda
yorijori (Wait a minute)
rara rallalla
dasi dwijimneunda
dasi dwijimneunda
irijeori

[Hyuna] Wait wait wait wait a minute
[Jiyoon] jjaritage Yummy yummy
Cook it down, Cook it down
[Hyuna] Wait wait wait wait a minute
[Jiyoon] dalkomhage Yummy yummy
Cook it down, Cook it down

rallallalla
[Gayoon] hyeokkeute chyureureup kokkeute syareureu maemdora
rallallalla
[Gayoon] on momi bureureu geu mase seureureuk noga
High high ya
[Gayoon] haneureul nara gureum wie nuwo
High high ya
[Gayoon] hyanggie chwihae geu mase puk ppajil geol

[Hyuna] hana dul set net
Wait a minute

[Gayoon] rara rallalla
paeneul dwijimneunda
paeneul dwijimneunda
yorijori (Wait a minute)
rara rallalla
dasi dwijimneunda
dasi dwijimneunda
irijeori

[Hyuna] Wait wait wait wait a minute
[Jiyoon] jjaritage Yummy yummy
Cook it down, Cook it down
[Hyuna] Wait wait wait wait a minute
[Jiyoon] dalkomhage Yummy yummy
Cook it down, Cook it down

rara rallalla
jeongmal masitgetda
jeongmal masitgetda
Yummy yummy (Wait a minute)
rara rallalla
jeongmal masitgetda
jeongmal masitgetda
Yummy yummy (Wait a minute)

rara rallalla ([Hyuna] Wait wait wait wait a minute)
jeongmal masitgetda
jeongmal masitgetda ([Hyuna] Wait wait wait wait a minute)
Yummy yummy
rara rallalla ([Hyuna] Wait wait wait wait a minute)
jeongmal masitgetda
jeongmal masitgetda ([Hyuna] Wait wait wait wait a minute)
Yummy yummy
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © K POP NEWS - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -